Kamis, 12 Januari 2012

Teknik Pangan dan Pascapanen

Pada beberapa tahun terakhir kebutuhan akan perlunya pangan di Indonesia makin meningkat. Banyaknya kebutuhan yang diperlukan membuat harga bahan pokok semakin meningkat tahun per tahun. Perubahan bahan pokok yang sangat signifikan adalah pada bahan pokok di bidang Agro.
Indonesia saat ini masih dalam kekurangan bahan pokok sehingga perlunya mengimpor barang untuk memenuhi kebutuhan masyarakatnya. Dapat disimpulkan bahwa kekurangan yang ada terletak pada perkembangan industry agro. Bidang indstri Agro merupakan aktivitas untuk membuat produk (barang jasa) dari sumberdaya alam yang berkaitan dengan tanaman dan hewan (hayati) yang merupakan kebutuhan bagi kehidupan manusia yang paling utama dan harus terpenuhi.
Industri agro merupakan salah satu komponen dalam sistem bisnis yang didasarkan pada konsep penguasaan teknik (engineering) produk dan proses suatu system pemasaran produksi pertanian. Ruang lingkupnya meliputi sejak pemanenan, persiapan bahan dasar (raw material), proses-proses transformasi produk di dalam pabrik, sampai menghasilkan produk yang diterima oleh konsumen, serta penanganan limbahnya.
Disiplin ilmu yang terlibat dan terkait meliputi matematika, kimia, fisika, biologi, dan keteknikan industri pertanian. Dari pengembangan ilmu-ilmu tersebut akan menghasilkan teknik-teknik (engineering) seperti pengeringan, pendinginan, pembekuan, dan penggunaannya untuk berbagai produk pertanian daratan maupun kelautan, baik dari tanaman pangan, perkebunan, kehutanan, peternakan, dan perikanan.
Maka untuk menjawab masalah tersebut .Jurusan Teknik Pertanian dan Biositem, Fakultas Teknologi Pertanian, Universitas Gadjah Mada telah membuka Program Studi Teknik Pertanian dengan 5 (lima) konsentrasi pembelajaran, salah satunya adalah konsentrasi pembelajaran Teknik Pangan dan Pascapanen (TPP). Konsentrasi pembelajaran TPP mempunyai kajian utama yang berkaitan dengan penerapan konsep penguasaan teknik (engineering) dalam proses pengolahan pangan maupun penanganan pascapanen (teknik pangan dan pascapanen).
TPP memiliki perbedaan dengan TPHP yang ada dalam Fakultas Teknologi Pertanian. TPP diterapkan dalam mengatur proses yang diperlukan untuk mendapatkan produk yang berkualitas sedangkan TPHP menerapkan ilmunya untuk membuat produk pangan dan passcapanen. Jadi dapat disimpulkan bahwa TPP berfungsi untuk mengembangkan kuantitas dan kualitas produk yang dihasilkan oleh prodi TPHP dengan cara menerapkan prinsip dan konsep ilmu keteknikan dalam penanganan, pengolahan, pengamanan,dan distribusi pangan dan hasil pertanian lainnya sejak dari panen hingga ke industri pengolahan dan sampai ke konsumen..
Teknik Pangan dan Pasca Panen memiliki kompetisi yaitu mahasiswa lulusan konsentrasi TPP memiliki kemampuan untuk menerapkan prinsip ilmu keteknikan konservasi dan konversi hasil pertanian dan pangan yaitu : pemanenan, pengeringan, penggilingan, penepungan, penyimpanan, pengawetan, dan pengolahan menjadi produk pertanian
Selain itu, mahasiswa lulusan TPP juga harus menguasai kemampuan untuk mengembangkan, merancang-bangun, mengoperasikan, memelihara, mengelola dan menjual (design, construct, operate, maintain, manage, sale) sistem proses dan sistem peralatan untuk pemanenan, pengeringan, penggilingan, penepungan, penyimpanan, pengawetan, dan pengolahan menjadi produk pertanian.
Beberapa Topik yang akan dipelajari dalam minat ini adalah
    Teknik pascapanen :
Panen, pengeringan, penyimpanan, penggilingan, penepungan dan pemanfaatan energi untuk pascapanen
    Teknik Bioproses :
heat transfer, mass transfer, aliran fluida dalam pipa,filtrasi, penguapan, pengentalan, sterilisasi
    Sifat fisik dan mekanik pangan
Rekayasa produk, rekayasa tekstur, kontrol produk
    Teknik Sanitasi dan limbah industri
COP (Clean Out Place), CIP (Clean In Place), Higienitas, Solid waste management, Waste water treatment
    Rancangbangun mesin industri pengolahan
Pengetahuan bahan, proses,tata letak, sistem dan perancangan industri pertanian
    Engineering management dan managemen operasi mesin pengolahan

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar